Tips Menjaga Hunian Agar Tetap Sejuk

Arti Warna Bunga Mawar
January 16, 2016
daftar nama bunga untuk dekorasi pernikahan
Daftar Nama Bunga Untuk Dekorasi Pernikahan
February 16, 2018
Show all

Tips Menjaga Hunian Agar Tetap Sejuk

menjaga hunian agar tetap sejuk

Dalam memilih atau membangun sebuah hunian, tentu kita harus memerhatikan faktor kenyamanannya, di antaranya yakni kesejukan hawa di dalam rumah. Indonesia dikenal sebagai negara tropis. Saat musim kemarau, cuaca akan terasa lebih terik.

Konstruksi bangunan sebaiknya mendukung hunian untuk berada dalam kondisi suhu yang nyaman, menjaga hunian tetap sejuk. Banyak orang kemudian memilih memasang pendingin udara atau air conditioner (AC) supaya ruangan lebih sejuk dan nyaman. Namun dampak dari pemasangan AC adalah pemakaian listrik menjadi banyak. Tentu saja hal itu membuat pengeluaran anda semakin bertambah.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga hunian anda agar tetap sejuk

Ruangan yang selalu terasa panas tentu sangat menjadi tidak nyaman untuk penghuninya. Banyak orang menginginkan cara yang mudah dan cepat dan selalu memilih untuk menggunakan pendingin ruangan atau AC. Padahal, ada solusi lain yang juga bisa membuat hunian Anda terasa nyaman. Dengan sedikit menata bagian dalam rumah Anda, udara yang sejuk pun bisa Anda hadirkan di dalamnya.

Dengan dua buah jendela besar dan dibuat secara berhadapan satu sama lain, pastinya udara yang sejuk di ruangan bisa Anda rasakan. Ventilasi silang sangat memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya tanpa harus melewati bagian ruangan lainnya. Udara yang masuk akan bertukar udara dari jendela satu dengan yang lain dan berganti udara baru. Dengan begini, ruangan akan semakin sejuk, walau tanpa AC. Bagian lainnya yang harus diperhatikan adalah ukuran jendela dan bukaan yang harus seimbang dengan ukuran ruangan.

Bila ruangan Anda berukuran besar, sebaiknya gunakan jendela dengan ukuran yang besar juga. Jendela dengan ukuran yang besar tidak hanya memberikan sirkulasi udara yang baik, tetapi juga bisa memberikan ruang untuk cahaya matahari masuk dan menerangi ruangan. Jadi, Anda bisa menghemat penggunaan lampu sebagai penerangan cahaya pada siang hari. Cahaya matahari bisa menjadi faktor yang memengaruhi peningkatan suhu ruangan. Untuk mengatasinya, jendela bisa dilengkapi window shade karena ini bisa membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk.

Setelah penggunaan jendela dan ventilasi, untuk menciptakan ruangan yang sejuk, faktor plafon juga sangat memengaruhi. Plafon yang tinggi akan memberikan rasa sejuk karena dengan plafon yang tinggi sangat memungkinkan terjadinya perputaran udara yang lebih besar di ruangan. Jarak ideal antara plafon dan lantai yaitu 2,75-4 meter. tetapi, Itu semua tergantung seberapa tinggi rumah yang diinginkan. Plafon bisa juga dibuat lebih tinggi mencapai 6 meter.

Plafon yang tinggi tidak hanya memberikan kebebasan sirkulasi udara yang masuk, tetapi juga bisa mengurangi panas di dalam ruangan yang biasanya diakibatkan mengalirnya endapan panas dari ruang bawah atap ke dalam ruangan. Sebaiknya gunakan atap yang memantulkan panas, biasanya ditimbulkan dari masuknya cahaya matahari, bukan hanya dari jendela dan atap. Pilih material atap yang dapat memantulkan panas. Bisa juga dengan menggunakan genteng keramik atau menambahkan material insulasi pemantul dan peredam panas. Dinding pun bisa membuat suasana di dalam rumah menjadi panas.

Dinding sangat berpengaruh pada penggunaan warna. Bila berbicara warna yang berpengaruh panas, biasanya pada penggunaan warna yang cerah. warna cerah sangat memiliki efek memancarkan cahaya, sedangkan warna gelap bisa menyerap cahaya. sebaiknya gunakan tirai yang memiliki warna putih atau terang karena bisa membantu mengurangi suhu panas dalam rumah.

Selain atap, dinding, dan jendela. Kolam dan taman juga bisa membantu menurunkan suhu ruangan. Agar tidak membuat udara di ruangan menjadi lembab, usahakan ada sinar matahari yang masuk ke ruangan. Salah satu caranya yaitu dengan memberi celah yang cukup di bagian atap untuk pertukaran udara yang baik. Anda juga bisa memberi ruangan dengan tanaman yang membuat kesan sejuk untuk hunian anda. Semoga info ini bermanfaat.

 

 


sumber : toko bunga tangerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *